[REVIEW HOTEL] My Studio Hotel

Di Surabaya kemarin, aku dan temenku memutuskaan untuk staycation di salah satu penginapan unik. Namanya adalah My Studio Hotel. Terbilang unik, karena ini merupakan hotel kapsul. Bagi yang belum tahu, hotel kapsul ini adalah sebuah penginapan yang kamarnya hanya berupa box yang berisi kasur, bantal, meja lipat, dan gantungan baju. Biasanya, box ini bisa diisi satu sampai dua orang. 

Alamat dan biaya per malam

Hotel ini berada di Jl. Sumatera No. 20, Surabaya. Lokasinya enggak jauh dari Stasiun Gubeng Lama. Kamu cuma butuh berjalan kaki sekitar 5 menit untuk menjangkaunya. Nah, masalah harga per malamnya itu berbeda-beda di setiap aplikasi pemesanan. Kalau aku kemarin memesan di Booking.com yang satu malamnya Rp46.000. 

Kondisi hotel 

Hotel ini terdiri dari lima lantai. Saat pertama kali masuk ke lantai pertama, kamu akan disuguhi dengan tempat duduk dan meja untuk orang-orang yang menunggu atau sekadar nongkrong. Di sampingnya, ada tempat resepsionis dengan dihiasi tulisan My Studio Hotel pada bagian belakangnya. Di sana juga terdapat televisi yang disediakan untuk para pengunjung apabila sedang bosan berada di kamar.  

Untuk lantai dua sampai empat adalah room untuk pengunjung. Masing-masing lantai punya satu kamar mandi di bagian luarnya. Untuk room-nya sendiri terdiri dari beberapa box. Kalau aku sama temenku kemarin berada di lantai empat yang kira-kira berisi 20 box. Dan aku sama temenku kebetulan ditempatkan di box barisan atas. 

Lanjut, ke lantai teratas dari hotel ini. Ternyata, bukan berupa kamar, melainkan kamar mandi dan juga wastafel. Jadi, bagi pengunjung yang ingin buru-buru ke kamar mandi tapi di toilet lantai kamarnya sedang ada orang, bisa banget untuk langsung meluncur ke lantai lima. Ada lima kamar mandi yang tersedia. 

Fasilitas hotel 

Seperti penginapan-penginapan pada umumnya, hotel satu ini juga menyediakan Wi-Fi pada setiap lantainya. Kemudian, ada sarapan berupa roti, teh, dan kopi untuk semua pengunjung hotel. Lalu, terdapat mushola di setiap room para pengunjung. 

Kelebihan hotel 

Hotel ini punya beberapa kelebihan. Hal yang paling utama adalah keramahan para stafnya yang membuat nyaman para pengunjung hotel. Kemudian, boxnya juga sangat bersih, sehingga para penyewa box jadi betah berlama-lama di kamar. Kemudian, kasur dan bantalnya yang cukup nyaman, karena empuk banget. 

Kekurangan hotel 

Oh iya, untuk kekurangannya agak lumayan banyak nih. 

- Seharusnya ada pilihan room yang dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Karena jujur aja aku sama temenku enggak nyaman sama sekali kalau room dicampur dengan laki-laki. Kita jadi enggak bisa keluar masuk kamar seenaknya karena sungkan. 

- Kemudian, kalau room dicampur alangkah lebih baik para perempuan diprioritaskan untuk diletakkan di barisan bawah. Soalnya, untuk seorang cewek naik ke barisan atas itu butuh effort yang luar biasa. Turunnya pun juga lebih susah. 

- Selanjutnya, mushola juga terlalu kecil, sehingga para pengunjung harus beribadah secara bergantian. Seharusnya ada ruangan khusus untuk sholat dalam satu hotel, jadi tak perlu ada di setiap room

- Tidak adanya peminjaman sandal. Ini juga jadi masalah bagi para pengunjung, apalagi yang ingin ke kamar mandi atau wudhu. 

- Kamar mandi untuk room tiga bau pesing. Kemudian kamar mandi juga tidak dipisah antara laki-laki dan juga perempuan. 

Pesan untuk pengunjung 

- Jangan lupa untuk membawa sandal sendiri, karena tidak disediakan oleh hotel. 
- Apabila terlanjur tidak membawa handuk, bisa meminta pada resepsionis. 
- Jangan lupa juga untuk membawa alat sholat yang lengkap. 

Komentar